cara scroll di laptop

91

cara scroll di laptop

Apa yang banyak bermasalah dengan ketika menggunakan touchpad, bagaimanapun, adalah bergulir. Bagaimana Anda harus menggulir menggunakan perangkat input yang tidak memiliki roda gulir? Yah, Anda selalu bisa menggunakan tombol panah pada keyboard laptop Anda untuk menggulir. Atau, Anda dapat mengklik tombol panah pada scroll bar vertikal atau horizontal dalam program atau aplikasi untuk menggulir, dan Anda juga dapat mengklik pada scroll bar vertikal atau horizontal untuk memilihnya dan memindahkan penunjuk mouse Anda (dengan klik masih dipegang ) untuk menyeret bilah gulir dan menggulir ke arah yang diinginkan.

Untuk bergerak naik turun pada suatu layar komputer, scroll-lah yang memainkan fungsi penting. Sehingga pekerjaan kita semakin mudah. Jika kebetulan anda sering menggunakan laptop ketika bekerja dan kebetulan juga mouse menghilang entah kemana. Berikut cara scroll di laptop

 

Cara yang bisa dilakukan ialah lewat mouse, keyboard, dan Touchpad jika pada laptop. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

1. Lewat Keyboard

Nah yang pertama adalah melalui keyboard. Untuk scroll lewat keyboard sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, lewat tombol arah dan lewat tombol Page Up/Page Down.

  1. Lewat Tombol Arah

Lewat tombol arah sebenarnya lebih berfungsi untuk memindah letak/posisi kursor (tanda yang berkedip pada layar monitor). Namun sebenarnya bisa juga untuk melakukan scroll.

Misalkan saat membuka dokumen pada Word, jika kita menekan tombol arah pada keyboard maka kursor akan berpindah sesuai tombol arah yang kita tekan. Jika kursor berpindah ke halaman lain maka secara otomatis halaman akan bergulir/berpindah ke bagian lain juga. Secara otomatis hal ini merupakan tindakan scroll.

Pada kasus lain, misalnya kita membuka halaman web, kemudian kita menekan tombol arah, biasanya akan melakukan scrolling.

Pada intinya akan tergantung pada halaman yang kita buka, apakah nanti tombol arah akan berfungsi memindahkan kursor atau berfungsi sebagai scroll. Namun pada intinya sama saja.

Caranya:

  • Silahkan tekan tombol arah atas (untuk scroll ke atas), arah bawah (untuk scroll bawah), arah kanan (untuk scroll ke kanan) dan arah kiri (untuk scroll ke kiri).

 

  1. Lewat Tombol PgUp, PgDn, Home dan End

Untuk scroll lewat keyboard bisa juga dilakukan melalui tombol lain. Tombol lain tersebut ialah tombol Page Up (PgUp), Page Down (PgDn), Home dan End.

Namun perlu diketahui jika tombol-tombol tersebut hanya bisa digunakan untuk scroll ke bawah dan ke atas saja

Sementara scroll yang dilakukan disini adalah scroll antar halaman yang terlihat pada monitor. Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa coba sendiri.

Caranya:

  • Tekan tombol Page Up (PgUp) : Untuk Scroll ke halaman diatas
  • Tekan tombol Page Down (PgDn): Untuk Scroll ke halaman dibawah
  • Tekan tombol Home : Untuk scroll langsung ke bagian awal
  • Tekan tombol End: Untuk scroll langsung ke bagian akhir

 

2. Lewat Scroll Bar

Untuk cara yang satu ini, pasti kalian sudah pada tahu. Pada setiap jendela halaman yang kita buka pada Desktop, jika memiliki banyak bagian, maka Scroll Bar secara otomatis akan muncul pada bagian sebelah kanan dan bawah halaman.

Caranya:

  • Klik dan tahan Scroll Bar Vertikal, kemudian tarik ketas atau ke bawah (untuk scroll ke atas/bawal).
  • Klik dan tahan Scroll Bar Horizontal, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri (untuk scroll ke kanan/ke kiri).
  • Atau bisa juga dengan mengklik icon panah kecil pada ujung Scroll Bar.

 

3. Dengan Menggulir Tombol Scroll Mouse

Bagi pengguna mouse untuk melakukan scroll dapat juga melalui tombol scroll (gulir). Tombol gulir pada mouse terletak di antara klik kanan dan klik kiri, berupa roda kecil yang dapat di gulir dengan jari kita.

Tombol scroll pada mouse dapat juga untuk merubah setelan (pengaturan) tertentu, misalkan mengecilkan volume pada video youtube yang kita tonton. Arahkan saja pointer pada icon volume, kemudian gulir tombol scroll mouse, maka volume akan berubah.

Cara scroll dengan tombol scroll mouse:

  • Gulir tombol scroll mouse maju, untuk scroll ke atas laman
  • Gulir tombol scroll mouse mundur, untuk scroll ke bawah laman
  • Sedangkan untuk scroll ke arah kanan atau kiri, kita harus mengarahkan terlebih dahulu pointer ke Scroll Bar Horizontal kemudian gulir maju (scroll ke kiri) dan gulir ke mundur (scroll ke kanan).

 

4. Lewat Touchpad

Nah cara yang selanjutnya adalah melalui Touchpad pada laptop. Selain untuk menggerakkan pointer, melakukan klik kanan atau klik kiri, Touchpad sekarang ini juga sudah mendukung fitur scroll.

Namun perlu diketahui jika fitur ini hanya terdapat pada laptop keluaran terbaru. Sedangkan laptop lama belum mendukung.

Scroll lewat Touchpad hanya bisa dilakukan pada laptop yang sudah mendukung Smart Touchpad.

Tapi bagi yang laptopnya belum mendukung Smart Touchpad  tetap bisa menggunakan fitur ini, jadi tenang saja.

Berikut cara scroll lewat Touchpad:

  • Ucap Touchpad dengan dua jari, maju (scroll ke atas laman) dan mundur (scroll ke bawah laman)
  • Ucap  Touchpad dengan dua jari, ke kanan (scroll kebagian kanan laman) dan ke kiri (scroll kebagian kiri laman)

 

5. Cara Scroll Otomatis

Kemudian kita juga dapat melakukan scroll otomatis, nantinya laman akan bergerak sendiri ke arah(bagian) yang kita inginkan secara berlahan-lahan.

Kecepatan scroll juga dapat kita tentukan, sehingga nanti bisa kita tentukan sendiri sesuai yang kita inginkan.

Scroll otomatis ini dapat kita lakukan melalui tombol scroll pada mouse, kita hanya perlu menekan sekali kemudian menggerakkan mouse ke arah yang diinginkan, maka yang terjadi selanjutnya scroll otomatis.

Untuk lebih jelasnya berikut caranya:

  • Tekan sekali tombol scroll pada mouse

    Silahkan tekan tombol scroll pada mouse sekali saja, selanjutnya pointer akan berubah.

  • Lalu Gerakkan Mouse Ke Arah Scroll Yang diinginkan

    Gerakkan sedikit saja jika ingin Scroll secara pelan-pelan dan jika ingin lebih cepat bisa menambah gerakan mouse.

  • Untuk Menghentikan Scroll

    Sementara untuk menghentikan scroll tinggal arahkan kembali pointer pada posisi semula (posisi saat menekan tombol scroll mouse).

    Atau bisa juga dengan langsung menekan tombol scroll pada mouse sekali, sampai pointer berubah menjadi icon panah kembali