Kredit Barang Ori di JD.ID Pakai Paylater? Gini Caranya

Kredit Barang Ori di JD.ID Pakai Paylater? Gini Caranya

unnamed 2

 

JD.ID terkenal sebagai e-commerce yang menjual barang original dengan jaminan 100% sesuai dengan taglinenya yang diusungnya. Kalau kamu punya niat untuk membeli barang dengan brand tertentu yang harganya mahal, seperti gadget, atau barang elektronik, JD.ID bisa menjadi tempat yang tepat. 

 

Kabar baiknya, bukan hanya menjual barang ori, JD.ID juga punya metode pembayaran yang beragam. Salah satunya yang banyak diminati adalah paylater. JD.ID sudah bekerja sama dengan Kredivo dalam menyediakan layanan paylater bagi penggunanya. Kini, nggak perlu lagi kartu kredit supaya bisa cicilan. Cukup daftar dan aktifkan paylater Kredivo, maka kamu bisa bertransaksi dengan mudah di JD.ID. 

 

Nah, gimana tahapan untuk bisa kredit barang original di JD.ID pakai paylater Kredivo? Yuk ikuti 4 langkah berikut ini. 

 

Buat & aktifkan akun JD.ID Paylatermu

 

Cara pertama yang perlu kamu lakukan kalau mau kredit di JD.ID pakai paylater adalah punya akun paylaternya lebih dulu. Cara mengaktifkan JD.ID paylater ini lumayan mudah kok. 

 

Karena bermitra dengan Kredivo, untuk bisa daftar paylater, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, pilih daftar sebagai akun Premium. 

 

Namun, ada tiga syarat utama yang harus kamu ketahui sebelum bisa daftar Kredivo, yaitu: 

 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun. 
  2. Punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah cakupan layanan Kredivo yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Untuk kamu yang kondisinya sesuai dengan syarat di atas, selamat! Kamu bisa melanjutkan pendaftaran akun paylater ke tahap berikutnya, yaitu: 

 

  1. Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. 
  2. Kemudian, pilih daftar sebagai akun Premium yang limit kreditnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta. 
  3. Isi form data diri, upload foto KTP untuk verifikasi, NPWP sebagai bukti penghasilan, dan juga sambungkan 1 akun e-commerce yang punya histori transaksi sebagai bukti domisili. Misalnya akun JD.ID. 
  4. Terakhir, setelah pendaftaran selesai, tunggu proses approval dalam waktu 1×24 jam. 

 

Belanja di Official Store yang ada di JD.ID lalu pilih barang yang diinginkan

 

Berbagai brand, hadir di JD.ID dan memiliki official store-nya sendiri. Salah satu contohnya adalah Samsung Store. Mulai dari smartphone, alat elektronik rumah tangga seperti televisi dan AC, hingga tablet dan laptop semua tersedia di JD.ID. 

 

Belanja di Official Store yang ada di JD.ID selain lebih meyakinkan, biasanya juga memiliki garansi resmi, bonus, sampai promo yang cukup menarik bagi pelanggan. Misalnya, kamu berencana membeli 1 unit HP Samsung terbaru dengan paylater. 

 

Maka, kamu tinggal mencari tipe HP yang kamu inginkan di Samsung Official Store yang ada di JD.ID. Pilih barang, checkout, kemudian pilih opsi paylater yang sesuai dengan kemampuanmu. 

 

Pelajari syarat dan ketentuan cicilan barang yang kamu pilih

 

Ketika kamu menggunakan Kredivo di JD.ID, kamu akan mendapatkan tiga opsi cicilan, yaitu: 

 

  1. Paylater tanpa bunga alias 0%, dengan opsi pembayaran maksimal 30 hari, tanpa minimum transaksi. 
  2. Opsi cicilan 0%, tenor maksimal 3 bulan, dengan minimum transaksi sebesar Rp 500 ribu. 
  3. Cicilan dengan bunga 2,6%, tenor yang lebih panjang maksimal sampai 12 bulan, minimum transaksi sebesar Rp 500 ribu. 

 

Dari ketiga opsi di atas, kamu bisa memilih sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Misalnya, kalau mau cicilan per bulannya nggak begitu besar, kamu bisa memilih cicilan tenor 12 bulan. Kalau mau cicilan cepat selesai dan tanpa bunga, opsi cicilan 0% juga menarik, terlebih jika barang yang kamu beli harganya tidak terlalu tinggi. 

 

Namun, untuk cicilan 0% khususnya, ada syarat dan ketentuan yang harus kamu pelajari, yaitu: 

 

  1. Cicilan tidak boleh telat. Jika telat, maka cicilan akan dikembalikan ke cicilan normal dengan bunga, plus kamu juga harus membayar dendanya. 
  2. Cicilan 0% memiliki biaya admin sebesar 1% yang harus dibayarkan dan akan diakumulasikan ke dalam jumlah cicilan per bulannya. 

 

Supaya aman, pilih opsi kredit yang sesuai kemampuan

 

Apa pun pilihan yang kamu ambil untuk cicilan di JD.ID, pastikan kamu sanggup untuk membayar tagihannya per bulan. Selain itu, meski limit paylatermu besar, usahakan untuk menggunakannya hanya untuk kebutuhan yang sifatnya penting. Hindari memanfaatkan paylater berlebihan apalagi jika hanya untuk memenuhi gaya hidup dan konsumtif. Sebab, tagihannya akan bengkak dan berpotensi mengganggu keuanganmu.

 

Perhatikan keamanan akun paylatermu, jangan berbagi informasi apa pun

 

Karena berbasis online, akun paylater perlu diberikan perhatian lebih terutama soal keamanannya. Ada kalanya kadang kita teledor dalam menggunakan paylater. Misalnya, login di perangkat orang lain. Ini berpotensi membuat akun paylater kita disalahgunakan meski orangnya kita kenali. Selain itu, limit yang ada di paylater sebaiknya juga digunakan untuk kebutuhan sendiri, bukan sebagai talangan untuk kredit orang lain. 

 

Sebab, jika suatu hari terjadi kredit macet dari orang yang kamu talangi cicilannya, kamu adalah penanggungjawab yang harus melanjutkan cicilannya karena akun paylater terdaftar atas namamu sendiri. 

 

Selain itu, jangan pernah memberikan informasi detail akunmu kepada orang lain. Siapa pun itu termasuk pihak yang mengatasnamakan JD.ID atau Kredivo. Sebab, kedua pihak ini tentu tidak akan meminta data privasi atau data loginmu. Jika terjadi kendala, pastikan kamu hanya menghubungi Tim CS resmi dari JD.ID atau Kredivo, ya.